Bagaimana Cara Menjaga Lapisan Krom Agar Tetap Kinclong ?

Banyak pengguna kendaraan baik roda empat maupun roda dua yang melapisi beberapa bagiannya dengan lapisan chrome. Seperti bagian pelek knalpot, setang, blok mesin, pedal dan beberapa bagian lainnya. Hal itu dilakukan untuk memberikan kesan eksklusif bagi si pengendaranya.

Namun untuk perawatan chrome tidaklah mudah, apalagi lapisan chrome itu digunakan di bagian kaki-kaki motor Anda yang mudah terkena noda atau kotoran.

Semua yang dilapisi chrome harus dirawat ekstra kalau tidak,  noda yang manempel susah hilang dan nantinya akan mengakibatkan karat, terutama jika sering terkena air hujan.

Musuh utama pengguna chrome yakni air hujan. Biasanya banyak pengguna yang menyepelekan hal itu padahal dampak air hujan itu sangat berpengaruh pada keawetan chrome.

Kalau sudah kena air hujan diusahakan dicuci dulu pakai air di rumah. Setelah dibilas baru boleh dilap kering dengan menggunakan lap yang teksturnya halus.

Jika bagian chrome sudah terkena air hujan, maka kalau Anda tidak segera mencuci dan mengelapnya, air hujan itu akan mengendap di bagian chrome terutama pada bagian pelek dan bagian lainnya yang memang rawan terkena air hujan. Air yang mengendap itu yang bisa membuat karat pada chrome Anda.

Karena Sehebat apapaun chrome-nya pasti kalau kena air hujan dan enggak dirawat akan mudah berkarat dan kuning.

Selain harus cepat dicuci dan dilap ketika terkena air hujan, hal yang harus dihindari yakni menggosoknya dengan cairan yang mengandung bahan kimia, karena bisa membuat warna chrome Anda tidak kinclong lagi melainkan jadi kuning. Karena cairan yang mengandung bahan kimia sifatnya abrasif atau mudah mengikis lapisan yang dilapnya.

Jika pada chrome ada kotoran atau noda seperti minyak yang susah dibersihkan maka ada alternatif lain selain menggunakan bahan kimia. Anda bisa membersihkannya dengan bedak atau minyak kayu putih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *